Monday, 9 November 2009

Dasar-dasar Pemrograman Web

Pada postingan kali ini, kita akan membahas tentang dasar-dasar pemrograman web. Sebelum memulai tutorialnya, saya ingin menjelaskan sedikit tentang web.

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:

  • Website Statis
  • Website Dinamis
  • Website Interaktif


Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.



Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.



Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

Sekarang kita kembali ke topik utama, yaitu pemrograman web. Berikut adalah 3 komponen utama dalam sebuah website:




1. HTML (Hypertext Markup Language)

HTML merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan dalam membuat dan menampilkan halaman sebuah web. Biasanya digunakan untuk membuat website Statis. Dalam penulisan kode HTML pasti diawali dengan tag dan diakhiri dengan tag , berikut adalah contoh dari penggunaan script HTML:



Maka browser akan menampilkan "Ini adalah website pertamaku.".



2. PHP (Hypertext Preprocessor)


PHP merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang website dinamis dan website interaktif. Bahasa PHP ini lebih sulit dibandingkan bahasa HTML. Namun bahasa PHP ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan bahasa HTML, seperti:

  • Penggabungan/interaksi dengan database.
  • Object Oriented Program
  • dll
Bahasa PHP ini, bisa dikatakan bahasa sesungguhnya di dalam pemrograman web. Bahasa PHP pasti diawali dengan tag . Berikut adalah contoh sederhana dari script PHP:
Tampilan yang akan keluar pada browser adalah "Ini Adalah Web PHP pertamaku?", namun script PHP tidak akan berfungsi jika di komputer anda belum menginstall webserver.

3.MySQL
MySQL ini nantinya akan kita gunakan untuk menyimpan data-data yang diperlukan (database).

Saya rasa cukup sekian dulu perkenalan dengan dasar-dasar programing web. Untuk belajar lebih jauh tentang premrograman web, ikuti terus perkembangan blog ini melalui form "langganan" di sisi kanan.

Kita akan membahas pemrograman HTML pada postingan berikutnya, dan juga PHP pada beberapa postingan-postingan berikutnya.







Langganan artikel gratis. Langsung dikirim ke email anda


Masukkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

1 Komentar:

nopiks said...

wah..
postingnya boleh juga...
saya tunggu postingan selanjutnya tentang HTML dan php.. :)

Post a Comment

Tentang Saya

My photo
Seorang pelajar sekaligus web developer freelance asal Bandung. Dengan keahlian di bidang web programming (HTML, CSS, JavaScript, PHP dan MySQL).

  ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO